Manusia Berbeda Karena Bekerja Sama

Bookmark and Share




Smithsonian
Ilustrasi evolusi

Studi terbaru mengungkap bahwa manusia berbeda dengan spesies lain karena kemampuan mengembangkan kebudayaan yang lebih besar lewat kerja sama dan berbagi pengetahuan.

Ilmuwan membandingkan bagaimana anak-anak manusia, monyet, dan simpanse dalam menyelesaikan puzzle. Sebagai reward keberhasilan, ilmuwan memberikan stiker pada manusia dan buah pada simpanse.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Science minggu ini mengungkap bahwa anak-anak manusia bekerja sama untuk menyelesaikan puzzle, sementara simpanse dan monyet tidak.

"Anak manusia akan mengajari dan memotivasi satu sama lain. Kami secara langsung melihat ratusan kasus di mana anak-anak memberikan stiker kepada yang lain," kata Kevin Laland, biolog University of St Andrews di Skotlandia.

"Sementara pada simpanse dan monyet, kami tidak melihat contoh berbagi," ungkap Laland seperti dikutip the New York Times, Kamis (1/3/2012).

Ilmuwan juga tidak melihat induk simpanse berbagi dengan anak-anaknya seperti pada manusia. Malah, induk justru sering mencuri buah-buahan milik anakan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan dalam dunia modern. Lewat pendidikan, pengetahuan bisa disebarluaskan dan diperbaharui.

NewsyorkTimes